26 January 2009

DJAM WEKER#1

Di masa-masa sekolah menengah doeloe, saja masih menggoenakan djam weker model ini. Djam ini bekerdja kalaoe kita tidak loepa memoetar pegasnja melaloei pemoetar jang ada di bagian belakang djam terseboet. Biasanja, doeapoeloeh empat djam sekali kita moesti memoetar pegas itoe, oentoek mendjaga agar djam terseboet tetap bekerdja.

Selain pemoetar pegas jang meroepakan "njawa" djam terseboet, di bagian belakang djam itoe djoega terdapat tiga pemoetar lain jang masing-masing berfoengsi oentoek mengatoer (menjesoaikan) posisi djaroem djam, kemoedian pengatoer alaram serta pemoetar pegas jang terhoeboeng dengan pemoekoel bel jang bakal berboenji pada djam sesoeai dengan jang kita kehendaki saat menjetel alarm.

Kini, djam weker dengan tampilan loear model ini memang masih bisa kita temoei di toko-toko djam. Namoen, djangan kaget bila peran pemoetar-pemoetar pegas tadi soedah tergantikan oleh baterai. Moengkin karena orang sekarang memang lebih soeka praktisnja, dengan kata lain, bila peran pemoetar pegas itoe soedah diambil alih oleh baterai, maka penggoena djam terseboet tidak perloe lagi soesah-soesah mengingat; itoe pegas soedah dipoetar beloem ja...? (Out of Stock)

No comments: