06 January 2009

KENTONGAN

Doeloe, kentongan adalah satoe-satoenja alat komoenikasi kami di kampoeng. Moelai dari oeroesan memanggil bapak poelang djika ada tamoe dan kebetoelan beliaoe sedang berkeondjoeng ke tetangga, hingga mengoempoelkan warga oentoek arisan, kerdja bakti, pertemoean warga kampoeng dan banjak lagi keperloean jang lainnja.

Bahkan, di saat teknologi memberi kemoedahan seperti sekarang poen, di mana seharoesnja iboe saja bisa tjoekoep mengirim pesan melaloei lajanan pesan pendek ataoe sms (short message service) oentoek memberi tahoe djika di roemah sedang ada tamoe jang menoenggoe bapak sekalipoen, iboe saja tetap memilih menggoenakan kentongan.

Saja, jang beloem lama ini mendapat oendangan oentoek menghadiri atjara pernikahan sepoepoe di kampoeng, melihat kentongan berbahan kajoe nangka peninggalam embah ini digoenakan oentoek gandjal asbes di belakang roemah. Sajang djoega barang sebagoes itoe tjoema oentoek gandjal, pikir saja. Maka ketika saja minta dan paman saja tidak keberatan, tanpa boeang-boeang waktoe kentoengan itoe langsoeng saja angkoet...

No comments: