19 November 2008

BOTOL TJIEO BELANDA

Teroes terang saja tidak banjak tahoe perihal botol (oleh-oleh komandan layout koran tempat saja bekerdja, sepoelangnja dia dari Koedoes) ini. Informasi jang saja poenja hanja toelisan jang ada pada botol terseboet; ERVEN LUCAS BOLS HET LOOTSJE AMSTERDAM 1 LITRE.

Begitoe batja toelisan Amsterdam, saja djadi langsoeng ingat mantan goeroe bahasa Inggris saja di kantor, jakni Mrs Marlene, jang asal Belanda. Saja tanja beliaoe, apa makna toelisan pada botol terseboet. Kata Marlene, (DE) ERVEN LUCAS BOLS adalah nama, tepatnja nama peroesahaan. Peroesahaan terseboet bergerak di bidang minoeman beralkohol (tjioe Belanda).

Sedangkan HET LOOTSJE adalah nama toko jang berlokasi di Kota Amsterdam. "Botol model ini djaman doeloe memang diboeat dari tanah liat (clay), sekarang botol biasa ataoe katja," toetoer Marlene.

Dan, ketika saja tjoba mentjari tahoe lebih djaoeh tentang ERVEN LUCAS BOLS di Internet, ada jang menjeboet peroesahaan itoe berdiri pada 1575 di Holland, tetapi kemoedian pindah ke Rotterdam pada tahoen 1869. Botol itoe sendiri, dikatakan diprodoeksi antara tahoen 1815-1869. Moengkin ada jang lebih tahoe?


1 comment:

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.