20 November 2008

KASET DJADOEL #3

Ma, ma, ma, ma, Rama, ana maling
Tulungana anakmu lagi kelangan
Ma, ma, ma, ma, Rama, ana maling
Rina wengi kelap kelip ra karuan
Ma, ma, ma, ma, Rama, ana maling
Yen aku edan apa Rama ra kelangan? Nyekel maling mestine yo digebuki
Tobat Rama luwih becik aku mati
E, e, e, e, thole, malinge apa nggegirisi?
Tobat Rama, malinge niku edi peni Sing digawa apa?
Niki sing ten njero niki
Ing njero ngendi?
Niki sing gemandhul niki..
Niki lo ten njero dhadha
Ati kula sing digawa lunga Ngono ya ngono
Ngona ngono ning aja ngono...
Ngono ya ngono
Ngona ngono ning aja ngono...


Di waktoe ketjil doeloe, saja akrab sekali dengan sjair lagoe berdjoedoel Romo Ono Maling (penoelisan jang betoel sesoenggoehnja Rama Ana Maling) itoe. Dan, saja kira, kawan-kawan sekerdja saja poen demikian. Sebab, ketika saja tanjakan ke mereka, hampir semoeanja mengakoe mengenal lirik terseboet. Bahkan sebagian di antara mereka langsoeng mendendangkannja.

Seperti lagoe Tjoebit Tjoebit-annja Si Ratoe Dandoet Elvy Sukaesih, lagoe Romo Ono Maling ini poen di masannja disoekai kalangan toea hingga anak-anak. Doeloe, saja tak menjangka djika lagoe berbahasa Djawa ini djoestroe dipopoelerkan oleh Eddy Silitonga jang penjanji Batak itoe.

Sebab saat menjanjikan lagoe-lagoe jang kesemoeanja berbahasa Djawa di alboem ini, tidak tampak adanja ketjanggoengan sama sekali. Termasoek kalaoe kita melihat penampilan Eddy Silitonga di sampoel kaset terseboet, jang dibaloet dengan pakaian Djawa. Istilah orang Djawa; blas ra ketok mBatake...

Di alboem jang bertitel sama dengan djoedoel lagoe di atas, jakni Romo Ono Maling ini Eddy Silitonga menjanjikan toejoeh lagoe, masing-masing; Romo Ono Maling, Ben Aku Sing Sengsoro, Klemben Klemben-Roti-Roti, Mbak Ayu Retno, Yen Dudu Kowe, Ojo Dumeh, Opo Karepe, jang kesemuanja berada di side A, dengan iringan De Meicy.

Sementara pada side B djoega terdapat toejoeh lagoe jang kesemoeanja dinjanjikan oleh Christine. Christine siapa saja tidak tahoe, sebab banjak sekali penjanji jangan namanja mengandoeng Christine. Jang djelas pasti boekan Maria Christine (maksoednja Kristin), salah satoe pemain boeloetangkis idola saja itoe.

No comments: