11 November 2008

LAMPOE BETHET

Sebetoelnja kawan saja jang menjeboet lampoe ini dengan istilah lampoe bethet. Saja sendiri mengenalnja dengan nama lampoe minjak gantoeng. Selain djenis ini, di kampoeng saja djoega dikenal istilah lampoe doedoek--bentoek bakoenja sama persis dengan lampoe gantoeng, hanja tidak dilengkapi kap dan gantoengan--jang biasanja ditaroeh di medja serta lampoe teplok jang biasanja ditjantelkan di dinding.

Masa ketjil saja akrab dengan semoea djenis lampoe minjak itoe. Makloem, listrik baroe masoek ke kampoeng saja sekitar tahoen 1983. Bagi saja, itoe artinya, sejak lahir hingga loeloes sekolah menengah pertama, malam-malam saja (ja oentoek penerangan biasa maoepoen keperloean beladjar) ditemani oleh lampoe itoe.
Bahkan, setelah listrik masoekpoen, pada saat oglangan (begitoe masjarakat di kampoeng saja menjeboet mati lampoe atau pemadaman) lampoe minjak masih mendjadi andalan oentoek penerangan.

Lampoe bethet ini sendiri saja dapatkan (setjara tidak sengadja) dari pemilik seboeah waroeng toea di Delanggoe. Semoela, niat saja mampir ke waroeng itoe adalah oentoek mentjari korek api Polar Bear yang boengkoesnja berbahan kajoe berlapis kertas itoe. Siapa tahoe waroeng jang kelihatan toea banget terseboet masih menjimpan korek djenis itoe, pikirkoe. Ternjata barang jang saja tjari tidak ada.

Karena barang jang saja tjari tidak ada, saja langsoeng berbalik menoedjoe mobil jang saja parkir di depan waroeng. Niatnja melanjoetkan perboeroean. Namoen, saat menoetoep pintoe mobil itoelah tiba-tiba mata saja menangkap lampoe bethet jang soedah dipenoehi sawang (kotoran jang melekat di langit-langit roemah). Saja langsoeng toeroen lagi dan bertanja kepada si empoenja waroeng apakah lampoe itu boleh saja beli.

Dalam sekedjap lampoe poen berpindah ke mobil saja, sebab roepanja bapak pemilik waroeng itu memang soedah tidak memboetoehkanja. Kata bapak itoe," Awit koela dereng lahir, lampoe nikoe ndjih poen ten mrikoe (sedjak saja beloem lahir, lampoe itoe soedah ada di sitoe)." Saja perkirakan oesia bapak itoe 45 ataoe 50 tahoenan. Djadi moengkin sadja oemoer lampoe itoe soedah setengah abad lebih. Jang di foto itoe adalah kondisi terakhir lampoe bethetkoe jang soedah akoe mandikan, alias ditjoetji serta dibersihkan dari segala sawang dan kotoran jang membaloetnja.

No comments: